STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika), merupakan jurusan baru di ITB, gabungan dari jurusan Elektro dan Informatika.

Dulu, informatika banyak diminati oleh para pejuang SPMB atau pejuang USM. Mereka berminat pada informatika karena dianggap jurusan ini adalah jurusan yang ‘menyenangkan’.

Kini, anggapan tersebut mulai luntur dikarenakan terbentuknya STEI. Para mahasiswa baru, harus mengikuti kurikulum baru untuk TPB, dimana pada kurikulum tersebut terdapat mata kuliah Dasar Pemrograman (dari IF), dan PRE (dari EL).

Memang mimpi buruk di Informatika adalah ketika kita mengikuti mata kuliah pemrograman. Mata kuliahnya sebenarnya menarik dan menyenangkan, tetapi dikarenakan dosen yang killer dan sangat disiplin, mata kuliah pemrograman menjadi suatu event yang menjadi daftar baru untuk dihindari.

Dikarenakan oleh hal tersebut, mahasiswa TPB STEI menjadi phobia terhadap mata kuliah (baca: dosen) pemrograman. Mereka lebih memilih Elektro ketimbang Informatika.

Hal ini jelas sekali menjadikan Informatika turun pamor. Bisa-bisa, Jurusan Informatika menjadi jurusan buangan bagi mahasiswa STEI yang tak cukup untuk masuk Elektro.

Perlu diingat, Informatika adalah jurusan yang menarik…

Iklan